Kamis, 24 Januari 2019

Rahasia Menulis Kreatif

Raditya Dika

Ebook ini dibagi menjadi tiga kategori:

1) Persiapan Penulisan
Berisi bab-bab tentang mencari ide, lalu menyusun struktur sebelum menulis. Gue akan memakai contoh-contoh karya gue untuk dibedah dan ditelusuri teknik yang gue pakai sewaktu menciptakan karya tersebut.

2) Dasar-Dasar Menulis Kreatif
berisi bab-bab yang membahas pemakaian teknik penulisan yang baik, dari mulai pemakaian metafora yang efektif sampai dengan menyusun dialog yang menarik. Gue akan memakai karya gue dan karya penulis lain untuk kita bedah bersama.

3) Setelah penulisan
Berisi caranya 
editing, memoles naskah kamu menjadi lebih baik. Lalu gue akan membagi pengalaman gue sebagai mantan pemimpin redaksi penerbit bagaimana cara menembus penerbit. Ada juga cara agar kamu bisa menembus production house. Gue akhiri dengan tulisan bagaimana sih rasanya hidup sebagai penulis.

Kabar tentang ebook Rahasia Menulis Kreatif ini aku baca langsung dari blog-nya RadityaDika, seminggu sebelum mulai dijual untuk umum. Buku tentang kepenulisan selalu menarik minatku. Nah, ini makin menarik karena Raditya Dika, yang lekat dengan buku dan film komedi, yang menulis dan bentuknya ebook. Kayak gimana, ya, isinya? Let’s review it now :)

Ebook Rahasia Menulis Kreatif dibagi menjadi tiga bagian dan bonus cerita. Di bagian pertama, ‘Persiapan Sebelum Menulis’, membahas cara mengali ide, mengubahnya menjadi premise, menciptakan karakter dari sisi luar dan dalam, dan struktur tiga babak yang dijelaskan dengan rinci. Di bagian kedua, ‘Dasar-Dasar Menulis Kreatif’, meliputi point of view, first lines, showing and telling, metafora, voice and penambahan unsur komedi dalam tulisan. Di bagian ketiga, ‘Setelah Penulisan’, menjelaskan tentang editing naskah, cara menembus penerbit dan production house dan menjual serta mempromosikan buku yang  terbit tersebut. Lalu ebook ini diakhiri dengan cerita singkat tentang hidup Raditya Dika sebagai penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cita Cita Anak Labschool

Cita Cita Anak Labschool Assalamualaikum wr.wb Sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu, sebab kata pepatah “tak kena...